Harga Jam Catur Percasi Grosir

Thursday, September 26th 2019. | Uncategorized
Harga Jam Catur Percasi Grosir

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

Dulu,  pembatasan waktu tidak dikenal dalam pertandingan catur.  Pemain bebas berpikir sesukanya dan hasilnya baik penonton maupun pemain sama-sama mengeluhkanlamanya pertandingan berlangsung.

Apa jadinya masa depan permainan yang agung ini kalau tidak dibatasi dengan waktu? Bisa jadi catur saat ini hanya ada dalam buku sejarah. Bagi penggemar catur, ada baiknya menyegarkan  kembali ingatan mengenai sejarah pemakaian jam dalam permainan catur.

Pada tahun 1843, pertandingan catur antara Howard Staunton dan Pierre St Amant diberitakan terlihatsebagai uji ketahanan fisik daripada pertandingan catur. Pertandingan mereka berakhir pada langkah ke-66 dengan memakan waktu 14,5 jam. Pertandingan catur pada masa itu rata-rata berlangsung selama 9 jam.

Pada turnamen catur internasional pertama yang diadakan di London pada tahun 1851, para  kritikus mulai menyorot lamanyapermainan  ini berlangsung. Tassilo Heydebrand un der  Lasa (1818-1889) adalah orang pertama yang mengusulkan bahwa lama berpikir setiap pemain harus dibatasi dengan waktu.

Pada tahun 1852 , seorang penulis anonim bernama A. Cantab menulis bahwa gelas pasir dapat digunakan untuk mengatur batasan waktu melangkah. Caranya dengan memberikan masing-masing pemain segelas pasir berdurasi tiga jam disamping sikunya dan ditugaskan orang di kedua sisi untuk memutar gelasnya.

Sementara pemain berpikir, maka pasir digelasnya  dibiarkan turun. Sebaliknya bila  lawannya berpikir, gelasnya tadi  akan diletakkan secara horizontal di atas meja sehingga pasirnya tidak turun. Ide ini didukung oleh Howard Staunton dan pecatur terkemuka lainnya. Gelas pasir telah digunakan dalam pertandingan catur dan turnamen dari tahun 1861 sampai tahun 1875 .

Namun, suhu dan kelembaban udara ternyata mempengaruhi pasir dalam gelas sehingga hasilnya tidak akurat. Juga, pemain kadang nakal sengaja  membalikkan ujung gelas yang salah dari waktunya atau waktu lawannya sehingga menyebabkan keributan.

Pertandingan catur pertama menggunakan gelas pasir adalah  Anderssen – melawan  von Kolisch  diadakan di London pada tahun 1861. Waktu kontrol adalah 24 langkah dalam 2 jam. Yang habis duluan, dinyatakan kalah.

Ide lain adalah menggunakan dua jam catur dengan mencatat waktu yang dipakai masing-masingpemain. Jam ini telah digunakan dalam pertandingan  catur antara tahun  1866 sampai tahun 1873.

Pada tahun 1867, di Tournamen Paris Internasional, penyelenggara menerapkan waktu berpikir untuk setiap pemain adalah  10  langkah dalam satu jam. Pemain yang melampaui  kontrol waktu tersebut untuk setiap 15 menit didenda 5 franc.

Pada tahun 1870 di Baden–Baden, jam catur pertama kali digunakan. Waktu kontrol adalah 20 langkah per -jam. Para pemain catur dapat memilih menggunakan gelas pasir atau jam catur .

Ada usulan untuk menggunakan dua jam dan mencatat waktu yang digunakan  pada setiap langkah oleh masing-masing lawan. Jam ini telah digunakan dalam pertandingan  catur  tahun  1866 sampai tahun 1873.

Pada 1883, diperkenalkan sebuah alat pengatur waktu mekanik  yang disebut jam catur “jatuh”. Digunakan pertama kali  di turnamen London tahun itu. Diciptakan oleh Thomas Bright Wilson (1843-1915) dari Manchester, Inggris, dengan saran dari Joseph Henry Blackburne.

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Artikel lain Harga Jam Catur Percasi Grosir