Produsen Go-Up Tiang Voli Fixs Stand Pro

Friday, November 20th 2020. | Uncategorized
Produsen Go-Up Tiang Voli Fixs Stand Pro With Instal Murah

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

Spesifikasi jarak dan tinggi tiang voli

Dalam penerapannya di lapangan, tinggi dan jarak net memiliki aturan tersendiri yang dibuat oleh PBVSI dan FIVB. Selain mengutamakan faktor keselamatan, tata letak tiang dan juga net harus melihat faktor efisien dan kemudahan bagi tiap pemainnya. Untuk itu dalam beberapa kasus terdapat pengecualian aturan tertentu dalam ukuran tiang permainan voli ini.

  1. Tinggi tiang

Pada umumnya, tinggi tiang untuk bola voli yakni 2,55m dari permukaan tanah. Sedangkan posisi jaring bergantung dari level permainan. Jaring untuk voli putra berada pada ketinggian 2,43m dan untuk voli putri yakni 2,24m.

Pada beberapa kategori, tinggi jaring bisa saja lebih rendah termasuk untuk anak di bawah 14 tahun, wanita dan pria di atas 45 tahun, dan untuk penyandang disablilitas.

Beberapa tiang dilengkapi dengan tuas pemutar untuk mengencangkan net, namun ada juga yang manual. Untuk itu guna mencegah adanya jaring yang kendur atau longgar maka ketinggian net harus sama tinggi dan selisih diantara keduanya tidak boleh lebih dari 2cm.

Tiang juga harus berbentuk bulat agar lebih mudah untuk pelapisan bantalan dan terhindar dari bagian yang tajam dan berbahaya bagi pemain.

  1. Jarak dari garis akhir

Standar voli menyebutkan jika letak tiang harus sejajar dengan garis tengah yang membagi lapangan sepanjang 18m menjadi dua bagian. Garis tengah merupakan garis netral yang masih menjadi bagian kedua sisi lapangan. Untuk itu penempatan tiang harus berada tepat 9m dari garis akhir kedua sisi lapangan, dan memberikan setiap tim tanggung jawab terhadap area permainan seluas (9m x 9m).

  1. Jarak dari garis samping

Sementara tiang voli berada di garis tengah, tiang juga tidak boleh memasuki garis permainan sehingga harus diletakkan sejauh 0,5m hingga 1,0m dari garis pinggir atau tepi samping lapangan. Namun beberapa kompetisi internasional mengharuskan tiang berada sejauh 1m dari garis tepi. Dan memungkinkan penyesuaian lebih kecil untuk kompetisi non-internasional yang biasanya membatasi konfigurasi lapangan dan ruang pertandingan.

  1. Ukuran bantalan untuk tiang

Untuk memenuhi peraturan keselamatan, maka tiang harus diletakkan di luar garis permainan. Selain itu, tiang juga harus dilapisi bantalan atau padding dengan panjang hingga 1,7 meter dari tanah. Ketebalan lapisan padding minimal sekitar 1,2cm dan harus bisa meminimalisir kecelakaan atau cedera. Maka dari itu padding harus terbuat dari bahan karet atau sintesis lainnya yang memiliki tingkat shock absorpsion yang tinggi

Jenis model tiang voli

Untuk mendukung kinerjanya di lapangan baik indoor maupun outdoor maka jenis tiang permainan voli dibedakan menjadi dua jenis yakni permanen dan portable. Selain faktor tempat, tujuan penggunaan tiang permanen dan portable ini juga bisa dilihat dari keuntungan dan kerugiannya. Untuk itu sebelum memilih tiang yang tepat maka tentukan terlebih dahulu untuk siapa dan akan ditempatkan dimanakah tiang tersebut digunakan.

  1. Tiang permanen

Jenis tiang permanen atau tanam biasanya banyak digunakan di ruangan outdoor yang memiliki halaman yang cukup untuk membuat lapangan voli. Sesuai dengan namanya, maka tiang permanen harus ditanam di dalam tanah dan akan sulit untuk dipindahkan. Kelebihan tiang ini yaitu lebih kokoh dalam menerima getaran atau guncangan sehingga net tidak akan roboh ketika menerima beban yang berat.

Karena lebih banyak digunakan secara outdoor maka pelapis cat dan bahan tiang harus terbuat dari material tahan lama, tidak gampang berkarat, dan cocok di segala cuaca. Tiang juga tidak dilapisi bantalan sehingga harus bebas dari tonjolan berbahaya seperti baut atau kabel untuk pemasangan net. Untuk mempermudah instalasi biasanya pada bagian alas tiang permanen telah dilengkapi kerangka cor yang siap tanam.

  1. Tiang portable

Modifikasi tiang menjadi portable memberikan banyak keuntungan terutama ketika dipakai di lapangan indoor yang multifungsi untuk olahraga seperti badminton dan juga basket. Unit peralatan voli yang bisa dipindah tempatkan ini juga bersifat knock down sehingga mudah dibongkar pasang. Selain itu pada tiang juga terdapat dua buah roda sebesar kurang lebih 6 inci di bagian belakang alas.

Roda pada tiang portable berfungsi untuk meringankan proses pemindahan dan penyimpanan tiang. Namun karena mobile dan tidak permanen maka tiang cenderung kurang kokoh terhadap getaran atau goncangan. Untuk itu pada bagian depan alas ditambahkan pemberat untuk menjaga kestabilan tiang agar tidak roboh. Biasanya massa pemberat tambahan sekitar kurang lebih 900 kg.

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Artikel lain Produsen Go-Up Tiang Voli Fixs Stand Pro